Rabu, 21 Januari 2009

Yes We Can !

Slogan Barack Obama yang satu ini begitu mengena, hingga ia bisa terlantik jadi Presiden Amerika ke 44, bahkan bisa menghipnotis aku buat sekedar melihat acara pelantikannya yang disiarkan langsung oleh banyak TV Swasta Nasional. Apakah daya tarik masa lalunya, waktu kecil ia tinggal di Indonesia, hingga banyak stasiun tv yang menyiarkannya secara live?

Biarpun malam2, aku pelototin tv agar tidak mengantuk. Tapi entahlah, mungkin suara pidatonya yang begitu berkobar-kobar, rasa kantukku tetap tak tertahankan. tiba2 aja aku sudah tertidur. dalam tidur yang sejenak itu, aku bermimpi bertemu dengan semangat geloranya untuk mereformasi bidang kesehatan. Apakah nanti kita2 juga akan kecipratan? yach setidak-tidaknya bisa kecipratan semangatnya untuk mewujudkan Indonesia Sehat.

Sedikit-dikitnya, bisa menjadikan Sehat Itu Gaya Hidup yang dimulai dari diri sendiri masing-masing. Dengan menjadikan sehat sebagai gaya hidup, maka seseorang akan melakukan apa saja demi gaya hidupnya itu. Banyak perilaku dapat dipraktikkan demi menjaga sehat sebagai gaya hidup. Perilaku itu berkisar pada upaya-upaya untuk mencegah timbulnya masalah-masalah kesehatan, menanggulangi masalah-masalah kesehatan yang terlanjur terjadi serta meningkatkan dan memelihara derajat kesehatan. Tanpa alat ini (kesehatan), semua tujuan hidup tidak akan tercapai dengan baik. Sehat bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya bukan apa-apa.

Masyarakat yang berperilaku sehat akan dapat menciptakan dan memelihara lingkungan yang sehat. Masyarakat yang sehat juga akan memanfaatkan pelayanan kesehatan dengan sebaik-baiknya dan turut serta menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berbasis masyarakat. Sedangkan petugas kesehatan yang berperilaku sehat akan responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Dengan demikian pada gilirannya ketiga pilar visi "Indonesia Sehat" yaitu perilaku sehat, lingkungan sehat serta pelayanan kesehatan yang bermutu, adil dan merata akan tercapai. Dengan begitu, mimpi kita tentang Indonesia yang sehat di masa depan akan benar-benar terwujud.

3 komentar:

ziezie veteriner mengatakan...

semoga Barak Obama bisa membawa kenyamanan buat semua tidak monopoli spt G Bush

riosisemut mengatakan...

Non...ada sesuatu bwt km di blog aq.
Km ambil ya...

MATA HATI mengatakan...

aduh non dokter..maap hidupku kurang sehat,bis gmn dunk kerjaan nuntut gt euy..jgn dimarahin ya hihi..

Posting Komentar