Selasa, 02 Desember 2008

IMAGINASI BAHAGIA: PERINTAH INSTAL OTAK UNTUK MENCIPTAKAN KEBAHAGIAAN.

Percayakan anda, bahwa otak dapat diprogram untuk menciptakan suasana kebahagiaan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kebahagiaan yang berasal dari kata bahagia yaitu keadaan atau perasaan senang tenteram bebas dari segala yang menyusahkan; kesenangan dan ketenteraman hidup (lahir batin).

Kebanyakan orang menunggu orang lain atau seseorang untuk membuatnya bahagia. Kadang, kita mengharapkan hal-hal yang bisa membuat bahagia seperti pekerjaan, kekasih, bayi, atau pindah rumah, berlibur, rekreasi dll. Kadang kita hanya menunggu datangnya saat-saat yang membuat bahagia. Jika anda melakukan hal yang sama, kini anda tak perlu menunggu lagi.

Pepatah mengatakan, kebahagiaan berasal dari dalam. Riset kini menunjukkan, kebahagiaan benar-benar berasal dari dalam. Dari bagian otak yang disebut sistem limbic.

Para ahli kini menemukan, beberapa langkah sederhana dapat mengaktifkan sistem limbic, menyebabkan lebih banyak neuron dan lebih banyak endorphin untuk dilepaskan. Selanjutnya, semua ini akan menyebabkan rasa bahagia kendatipun tidak terjadi sesuatu yang istimewa dalam hidup anda pada saat itu. Menurut Rob Kall dari situ positive psychology, Kall telah melatih beribu-ribu orang untuk memacu otak memprogram kebahagiaan.

Kita juga bisa memprogram diri sendiri untuk bahagia saat ini juga dengan:

  1. Senyum kepada diri sendiri di depan cermin.

Studi-studi menunjukkan, senyum langsung menyalakan bagian otak yang berkaitan dengan kebahagiaan. Melakukannya didepan cermin bahkan lebih baik lagi karena anda melihat wajah yang tersenyum balik kepada anda. Selama beribu-ribu tahun kita diprogram untuk mengenali pandangan seperti ini yang menandakan senang.

  1. merenungi moment kebahagiaan.

buat daftar kebahagiaan yang berkesinambungan. Caranya dengan menuliskan satu kalimat atau ungkapan tentang beberapa pengalaman yang anda senangi. Misalnya pengalaman pertama menembak cinta cewek pujaan, atau pengalaman pertama menerima cinta kekasih, pengalaman pertama makan bareng si doi, pengalaman rekreasi keluarga, teman sekantor. Ataupun pengalaman-pengalaman maupun kenangan lain yang pernah bikin bahagia, baik melewati tulisan, foto kenangan, video rekaman dll. Cara ini bukan hanya membuat anda bisa mengenali pengalaman-pengalaman positif, tapi anda akan bisa membacanya lagi, mengingatnya lagi dan merasakan kebahagiaan tersebut lagi sesudah itu.

  1. lakukan kebalikan

jika selama ini anda selalu sibuk, coba untuk diam. Jika anda selama ini banyak duduk coba berdiri dan jalan-jalan. Melakukan hal ini membuat anda mengalami hal-hal yang mungkin tidak anda rasakan. Misalnya membaui aroma tanah ketika hujan, ngobrol dengan kolega yang anda sukai. Hasilnya, anda akan menjalani hari yang lebih bahagia.

  1. berhenti untuk kebahagiaan

sering terjadi, anda punya kesempatan untuk ngobrol dengan suami, anak, isteri atau merangkul anak anda dlsb, tapi karena anda sedang sibuk mengerjakan sesuatu yang menurut anda harus anda kerjakan, anda melewatkan hal itu. Kali berikut bila terjadi hal seperti itu, katakan kepada diri sendiri, “Saya mengizinkan diri saya untuk berhenti sejenak dari mengerjakan yang harus saya kerjakan untuk mengerjakan apa yang saya inginkan”. Sesudah melakukan beberapa kali, berhenti untuk kebahagiaan akan menjadi kebiasaan, terutama ketika Anda sadar, tak akan terjadi hal-hal buruk jika anda berhenti sejenak beberapa menit. Anda akan meneruskan pekerjaan anda dengan lebih semangat dan lebih bahagia.

  1. tambahkan saat-saat kebahagiaan ke dalam hari anda

kita semua merencanakan akhir pekan atau liburan yang menyenangkan. Padahal kita juga bisa merencanakan saat-saat bahagia dalam hidup sehari-hari. Misalnya dengan membaca beberapa halaman buku yang anda sukai sesudah selesai cuci piring. Atau jalan kaki 5 menit sesudah makan siang. Selain bahagia pada saat-saat itu, anda juga akan merasa bahagia saat persiapan untuk melakukan hal-hal kesukaan.

  1. menceritakan kebahagiaan

jika terjadi peristiwa yang membahagiakan, coba ceritakan kebahagiaan anda kepada orang lain. Pasangan anda misalnya. Menceritakan kebahagiaan membuat anda lebih bahagia. Menurut para ahli, menceritakan pengelaman-pengalaman positif kepada orang-orang yang anda tahu mendukung anda akan menghidupkan kebahagiaan itu lagi. Dan anda akan melihat kebahagiaan anda dalam mata orang lain.

  1. jadikan kebahagiaan sebagai pengalaman multimedia

caranya dengan menggunakan sebanyak mungkin indra sesuai yang dapat anda lakukan. Sebagai contoh, saat menikmati pemandangan matahari terbenam, coba hirup aroma bunga mawar, menyentuh rumput dan mendengarkan kicauan burung. Juga bisa sambil minum teh untuk membuat indra pengecap bekerja. Semakin banyak indra yang digunakan untuk menikmati kebahagiaan, semakin tajam indra anda, semakin besar kebahagiaan yang akan anda dapatkan.

  1. jangan lupa, makan makanan yang bisa membangkitkan kebahagiaan.

Makanan yang bisa langsung membangkitkan kebahagiaan adalah buah-buahan. Buah dapat meningkatkan energi. Karena serat di dalam buah membuat gula dilepaskan secara bertahap, rasa senang akan bertahan bila energi mendadak tidak turun seperti yang disebabkan makan karbohidrat sederhana.

(dirangkum dari berbagai sumber, terutama Aura, edisi 50/Th.XI/Minggu ke-1/2 – 8 Januari 2008).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar