Senin, 19 Januari 2009

BULAN JANUARI, dan bicara ngalor ngidul penyakit.




Januari oh Januari. Katanya bulan huJAN turun sehaRI-haRI.


Januari (Inggris: January) adalah bulan pertama tahun dalam Kalender Gregorius. Kata ini diambil dari Bahasa Belanda, Januari yang mengambil dari bahasa Latin Janus, dewa pintu.

Bulan ini memiliki 31 hari.

Hari pertama bulan ini, 1 Januari disebut dengan Hari Tahun Baru, dan merupakan hari perayaan di kebanyakan negara.

Puncak hujan pun biasanya muncul di bulan2 ini hingga februari atau maret.

Awal Januari 2009 hingga akhir Februari 2009 diprediksi menjadi puncak dari wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Waspadai Ancaman ISPA.

Dan juga leptospirosis. Penyakit ini bisa menyebabkan kematian bila tidak cepat ditanggulangi.

Apalagi meningitis atau radang selaput otak. Apa penyebabnya? Ternyata banyak. Bisa virus, bakteri, jamur, bahkan parasit. Penyakit ini bisa dikenali dengan beberapa gejala khusus, yaitu demam, kejang, dan menurunnya kesadaran.

Pada banyak kasus, meningitis terjadi akibat perluasan infeksi. Misalnya awalnya infeksi telinga, karena tidak segera ditangani infeksinya menjalar ke otak. Atau infeksi influenza yang gejalanya sangat dikenal itu, batuk, pilek, demam, yang kemudian kuman penyebab infeksinya ikut aliran darah dan sampai ke otak juga.

Untuk itu, masyarakat diharapkan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) agar terhindar dari berbagai penyakit. Masyarakat diharapkan meningkatkan kebersihan diri dan lingkungannya. Sebab, pada saat seperti ini, penyakit-penyakit seperti diare, muntaber, Ispa, dan DBD cenderung banyak terjadi.

Langkah yang bisa dilakukan Masyarakat dalam mengantisipasi DBD dengan cara ”Tiga M”, yaitu menutup tempat air, menguras bak air, dan mengubur kaleng-kaleng bekas. Dengan cara ini diharapkan jentik nyamuk tidak dapat berkembang.

4 komentar:

Andri mengatakan...

Tp kalo di daerah seperti kalimantan,dimana2 dijumpai air menggenang,tentu program 3M tidak punya efek apa2.Untuk menghindari gigitan nyamuk ya terpaksa pake kelambu. :) Oh iya,salam kenal sebelumnya ya. ;)

erwinyustiawan mengatakan...

bulan hujan turun sehari-hari..iya di balikpapan aja hampir tiap hari ujan..:)

DegDegan.duniamaya98 mengatakan...

@Andri: trims atas infonya, ternyata gak semua kebijakan itu bisa dilaksanakan secara mulus, harus bisa menyesuaikan situasi dan kondisi sekitar.
@erwinyustiawan:jaga kesehatan di musim hujan lah yaw..

riema ziezie mengatakan...

semoga di tahun baru ini segalanya lebih baik ya sis...kesehatan, keluarga, karir, dan sbgnya

Posting Komentar