Selasa, 30 Desember 2008

Katakan sehat, bila anda memang sehat!


Pernahkah anda merasa sangat merisaukan dengan kesehatan diri anda sendiri, padahal anda sebenarnya sehat ?

Seseorang yang selalu mengeluhkan akan kesehatannya, bisa jadi mempunyai personaliti hipokondriasis, yaitu personaliti dimana seseorang terus-menerus mengeluh akan kesehatannya yang buruk. Dapat dikatakan bahwa ambang sakitnya yang rendah. Dia sangat cemas dan terlalu terpukau akan gejala-gejala yang ada pada tubuhnya.

Kecemasan terhadap kesehatan tubuhnya merupakan bagian yang dominan dari hidupnya. Hal ini membuatnya tidak efektif serta aktivitas sehari-hari menjadi terhambat. Hubungan sosialnya sering terganggu. Hipokondriasis dapat diumpamakan sebagai (maaf) “anjing yang terlalu banyak menggonggong”. Dia terlalu banyak mengeluh, dan sering berganti dokter. Mungkin dia sering keluar masuk rumah sakit, untuk mengetahui keluhannya. Atau dapat pula dia sering masuk ke meja operasi atas keluhan-keluhannya. Sampai berapa jauh personaliti hipokondriasis dipunyai anda, cobalah test dengan pertanyaan-pertanyaan dibawah ini.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan positif (+) bila sesuai dengan anda, atau negatif (-) bila tidak sesuai dengan anda.

(...) 1. Dalam seminggu aku beberapa kali terganggu oleh penyakit lambung.

(...) 2. Pada beberapa bagian tubuh terasa panas, kesemutan atau seperti ada yang merayap.

(...) 3. Aku tak mengalami kesulitan membuang air besar atau menahannya.

(...) 4. Aku hampir tidak pernah merasa sakit ditengkukku.

(...) 5. Aku tiap-tiap kali terganggu oleh sakit ulu hati.

(...) 6. Kepalaku sering sekali terasa berat atau hidungku mampat.

(...) 7. Aku sering menderita sakit perut.

(...) 8. Aku belum pernah batuk darah atau muntah darah.

(...) 9. Aku kadang-kadang sakit kepala yang dengan diraba saja terasa nyeri.

(...) 10. Tiap enam bulan aku pergi ke dokter untuk memeriksakan badan.

Setelah anda menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, maka cocokkanlah jawaban anda dengan kunci dibawah ini.

Berilah nilai 1 untuk jawaban yang cocok, dan nilai 0 untuk jawaban yang tak cocok.

(+) 1. (+) 2. (-) 3. (-) 4. (+) 5.

(+) 6. (+) 7. (-) 8. (+) 9. (+) 10.

Skore:

>7 : Sangat tinggi

7-4 : Tinggi

3-2 : Rata-rata

1 : Rendah

0 : Sangat rendah.

Petunjuk untuk melakukan test:

  • Umur anda sekurang-kurangnya 17 tahun, dan sebanyak-banyaknya 71 tahun. Bila umur anda kurang dari 17 tahun, maka tunggulah sampai 17 tahun, dan bila umur anda lebih dari 71 tahun, anda telah terlambat melakukan test ini.
  • Pendidikan anda sekurang-kurangnya SMP, setinggi-tingginya lulusan S2. Bila pendidikan terlalu rendah, mungkin anda tidak bisa mengerti pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, sebaliknya bila pendidikan terlalu tinggi (S3), maka apapun personaliti anda sudah tidak menjadi soal lagi.
  • Pertanyaan harus dijawab semuanya, secara jujur, tetapi anda boleh juga berbohong, toh ini untuk diri sendiri, membohongi diri sendiri tidak dilarang.
  • Lakukan test ini dahulu baru lihat hasilnya. Bila tidak akan mempengaruhi hasil anda.
  • Lakukan test ini dengan cepat, spontan, tanpa pikir.
  • Bila menemui butir-butir pertanyaan meragukan jawabannya, tidak logis dan sebagainya, jangan dihiraukan, tetap saja jawab semampu saudara.
  • Sebaiknya anda melakukan test ini satu persatu, sendiri dan jangan dengan kawan, sehingga anda dapat menjaga kerahasiaan anda.
  • Janganlah terlalu mengganggap serius hasil yang anda dapat, akan tetapi jangan pula terlalu mengabaikan hasil yang anda peroleh.
  • Bila anda merasa ragu, maka anda dapat pergi ke profesional untuk berkonsultasi.

Keterangan:

Sangat Tinggi:

Sebenarnya anda tidak mempunyai sakit apa-apa. Tapi anda terlalu banyak mengeluh, cemas dan takut pada penyakit. Anda merasa bahwa anda mempunyai penyakit ulu hati, penyakit-penyakit fisik yang berat dan begitu takut sehingga anda selalu berganti dokter. Sebenarnya bukan fisik anda yang salah tetapi kepribadian anda yang salah. Cobalah berpikir positif, dan lupakanlah segala ketakutan yang tak berdasar itu. Anda biasanya tidak begitu dewasa, terlalu perasa dan peka, dan mementingkan diri sendiri.

Tinggi:

Barangkali anda tak percaya bahwa anda tak mempunyai penyakit apa-apa. Anda terus mencari dokter untuk berobat, tapi ternyata tak ada yang dapat menyembuhkan penyakit anda. Penyakit anda berganti-ganti, dari sakit perut menjadi sakit kepala, kemudian berdebar-debar. Anda takut menderita sakit yang berat, sedangkan hasil pemeriksaan dokter ternyata tidak menunjukkan kelainan. Anda tidak merasa bahwa orang lain mengatakan bahwa anda sebenarnya kekanak-kanakan, tidak dewasa, selalu melihat dari kacamata sendiri. Anda kurang mau melihat penderitaan orang. Yang penting bagi anda adalah diri sendiri.

Rata-rata:

Pada umumnya anda tidak banyak mengeluh, kecuali memang sakit. Kawan-kawan anda mengatakan bahwa anda, dewasa, berwibawa, berani, dan jarang sakit. Anda kadang menahan sakit, atau ambang rasa sakit yang rendah.

Rendah:

Tak ada keluhan yang menonjol pada diri anda. Kawan-kawan anda senang pada anda, sebab anda periang, tak mudah mengeluh, sering membantu teman, dewasa dan dapat menasehati teman.

Sangat rendah:

Anda sama sekali jarang sakit. Percaya diri dan suka menolong orang. Anda jarang cemas dan jarang menderita panik. Anda berwibawa dan suka bercanda dan penuh humor.

Referensi:

H. Yul Iskandar., MD., DAJ., MBAP., MASRS., PhD. Test Personaliti. ed. 4 Cet. ke 26. Dharma Graha Press. 2005, hal: 4, 11-3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar