Rabu, 31 Desember 2008

JUJUR = MUJUR? , PEMBOHONG = ???

Dalam kehidupan kita, harus mematuhi aturan yang berlaku di masyarakat. Aturan itu yang untuk kebaikan masyarakat dinamakan moral. Salah satu moral yang dituntut oleh masyarakat adalah jujur dan tidak berbohong. Tentu hal ini tidak mudah. Tidak mudah untuk selalu jujur dan tidak berbohong. Sebaliknya orang yang selalu berbohong, juga akan sukar diterima oleh masyarakat. Sampai berapa jauh kebohongan dapat ditoleransi, tergantung pada situasi dan kondisi setempat.

Pada tes ini dibuat khusus untuk mengetahui sampai berapa jauh kejujuran dan kesenangan berbohong anda.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan positif (+) bila sesuai dengan anda, atau negatif (-) bila tidak sesuai dengan anda.

(...) 1. Pernah terpikir dalam pikiranku tentang sesuatu yang buruk untuk dibicarakan

(...) 2. Kadang kala aku mengumpat caci

(...) 3. Aku tidak mengatakan hal yang sebenarnya

(...) 4. Aku tidak membaca setiap editorial surat kabar setiap hari.

(...) 5. Aku kadang-kadang marah

(...) 6. Apa yang dapat aku kerjakan hari ini, kadang-kadang aku tunda sampai besok

(...) 7. Bila aku sedang tidak enak badan, kadang-kadang aku mudah tersinggung

(...) 8. Sopan santunku di rumah tidak sebaik seperti jika bersama orang lain

(...) 9. Apabila aku dapat masuk bioskop tanpa bayar, dan yakin tak seorangpun melihatnya, mungkin aku akan melakukannya.

(...) 10. Aku lebih senang menang dari pada kalah dalam suatu permainan

(...) 11. Aku ingin mengenal beberapa orang penting, karena dengan demikian aku merasa menjadi orang penting juga.

(...) 12. tidak setiap orang yang kukenal, kusukai

(...) 13. kadang-kadang aku mempergunjingkan orang lain (gossip).

(...) 14. kadang-kadang dalam pemungutan suara, aku berikan suaraku pada orang kurang kukenal.

(...) 15. sekali-kali aku tertawa terbahak-bahak mendengar lelucon yang jorok

Setelah anda menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, maka cocokkanlah jawaban anda dengan kunci dibawah ini.

Berilah nilai 1 untuk jawaban yang cocok, dan nilai 0 untuk jawaban yang tak cocok.

(+) 1. (+) 2. (+) 3. (+) 4. (+) 5.

(+) 6. (+) 7. (+) 8. (+) 9. (+) 10.

(+) 11. (+) 12. (+) 13. (+) 14. (+) 15.

Skore:

14-15 : Sangat tinggi

13-9 : Tinggi

8-6 : Rata-rata

5-3 : Rendah

<3 : Sangat rendah.

Petunjuk untuk melakukan test:

  • Umur anda sekurang-kurangnya 17 tahun, dan sebanyak-banyaknya 71 tahun. Bila umur anda kurang dari 17 tahun, maka tunggulah sampai 17 tahun, dan bila umur anda lebih dari 71 tahun, anda telah terlambat melakukan test ini.
  • Pendidikan anda sekurang-kurangnya SMP, setinggi-tingginya lulusan S2. Bila pendidikan terlalu rendah, mungkin anda tidak bisa mengerti pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, sebaliknya bila pendidikan terlalu tinggi (S3), maka apapun personaliti anda sudah tidak menjadi soal lagi.
  • Pertanyaan harus dijawab semuanya, secara jujur, tetapi anda boleh juga berbohong, toh ini untuk diri sendiri, membohongi diri sendiri tidak dilarang.
  • Lakukan test ini dahulu baru lihat hasilnya. Bila tidak akan mempengaruhi hasil anda.
  • Lakukan test ini dengan cepat, spontan, tanpa pikir.
  • Bila menemui butir-butir pertanyaan meragukan jawabannya, tidak logis dan sebagainya, jangan dihiraukan, tetap saja jawab semampu saudara.
  • Sebaiknya anda melakukan test ini satu persatu, sendiri dan jangan dengan kawan, sehingga anda dapat menjaga kerahasiaan anda.
  • Janganlah terlalu mengganggap serius hasil yang anda dapat, akan tetapi jangan pula terlalu mengabaikan hasil yang anda peroleh.
  • Bila anda merasa ragu, maka anda dapat pergi ke profesional untuk berkonsultasi.

Keterangan:

Sangat Tinggi:

Kejujuran anda yang sangat tinggi sangat berbahaya. Anda terlalu berterus terang dan membuat orang lain tidak senang. Sekali-kali berkata yang tak benar, atau menutupi hal-hal yang tak perlu diketahui orang, sangat perlu. Meskipun anda merasa orang yang jujur dan independen, berani mengambil resiko, tidak konvensional, akan tetapi anda agaknya kurang menghormati norma-norma masyarakat.

Tinggi:

Dari segi kejujuran, sekurang-kurangnya dalam test ini anda sangat jujur, terutama pada diri sendiri. Anda termasuk berani, berani mengemukakan kejujuran dan kekurangan, yang walaupun pada akibatnya akan merusak diri sendiri. Kejujuran itu baik tetapi jujur tanpa reserve, akan membuat orang tak senang pada anda. Ada hal dimana kejujuran disimpan untuk diri sendiri, dan orang lain tak perlu tahu. Kepolosan untuk mengemukakan hal-hal yang buruk bagi diri, keluarga, tempat bekerja dsb, kadang-kadang tidak akan menguntungkan anda.

Rata-rata:

Kejujuran anda sesuai dengan yang dikehendaki masyarakat, anda memang jujur, dan dianggap jujur, karena itu anda sekali-kali berbohong juga. Itulah kejujuran anda. Dalam hal ini masyarakat akan menilai anda adalah bijaksana.

Rendah:

Kawan-kawan anda sering meragukan kejujuran anda. Anda tidak ingin dikatakan pembohong, akan tetapi dari apa yang anda kemukakan, banyak hal dimana anda berbohong. Ketidakjujuran ini mungkin akan anda bawa pada banyak hal sehingga orang kurang percaya pada anda. Anda ingin dinilai baik oleh masyarakat, akan tetapi sikap anda yang pura-pura menunjukkan ketidakjujuran anda.

Sangat rendah:

Ada beberapa hal yang mungkin terjadi bila nilai anda serendah ini, pertama mungkin anda tidak mengerti Bahasa Indonesia, yang kedua anda adalah pendeta yang paling suci, yang ketiga anda adalah politikus yang lihai. Bila anda bukan ketiga-tiganya, cobalah renungkan sekali lagi, apakah anda mencoba untuk jujur atau memang memperlihatkan sikap yang tak jujur. Apakah anda dengan ini berarti sering tidak jujur, dengan maksud-maksud supaya anda mendapat keuntungan dari sikap itu. Dalam hal ini sebaiknya anda lebih jujur terutama pada diri sendiri. Manusia memang banyak mempunyai kelemahan. Cara mengatasi kelemahan bermacam-macam, dan salah satu yang anda lakukan adalah dengan berbuat seolah-olah anda yang baik dan paling jujur, padahal menurut test ini anda adalah orang yang paling tidak dapat dipercaya.

Referensi:

H. Yul Iskandar., MD., DAJ., MBAP., MASRS., PhD. Test Personaliti. ed. 4 Cet. ke 26. Dharma Graha Press. 2005, hal: 4, 58-60

1 komentar:

Whienda mengatakan...

Yups! Makasih...makasih...makasih ...Whienda dapet Hadiah Tahun Baru buanyaaak dari Duniamaya98! Sampe daku ga'bisa ngomong!

Posting Komentar