Selasa, 10 Maret 2009

Berberbagi tips dalam browsing mencari informasi medis


Tak ada salahnya bila berbagi tips untuk semuanya.
Siapa tahu akan lebih berguna.
Tips ini saya temukan sewaktu saya baca-baca "cermin dunia kedokteran".

Jika Anda mencoba mencari informasi medis untuk pribadi atau seseorang yang Anda cintai, dan anda tidak cukup beruntung mendapatkan akses pada seorang profesional, apa yang akan anda lakukan?

Tentu anda yang sudah tahu internet akan segera mencari disana.

Tetapi apakah informasi yang anda dapat tadi benar-benar dapat dipercaya?

Berikut tips-tipsnya:

1. Merunut dari Elizabeth Cohen, dari koresponden CNN Medical News,

dasar pencarian dalam internet yang baik: situs .gov/.go dan .edu/.ac dapat dipercaya. Begitu pula pusat kesehatan medis utama dan organisasi-organisasi kesehatan, contohnya:
mayoclinic.com, www.pom.go.id, www.idionline.org. dll.

2. Merunut dari Jan Guthrie, direktur The Health Resource bisa menggunakan:
  • Mesin pencari yang menyaring "sampah" bagi anda: gunakan mesin pencari untuk melihat hanya situs-situs profesional yang telah diakui oleh para profesional kesehatan, seperti: medlineplus.gov dan imedix.com. Healthfinder.gov dll.
  • Temukan bloger pintar untuk penyakit anda;beberapa bloger melakukan pekerjaan yang sangat baik dalam menautkan sumber spesifik ke penyakit anda.
  • investasikan 30 menit di dalam tutorial pubmed.gov; Gugup karena anda tidak paham istilah teknis dalam artikel medis? tidak perlu. Guthrie menyarankan membaca awal studi sampai akhir. kesimpulan akan memberitahukan kepada anda apakah penanganan dalam studi itu efektif, moderat atau sama sekali tidak efektif.
  • klik informasi tentang pertemuan tahunan; misalnya anda baru didiagnosis kanker payudara. anda perlu mengunjungi asco.org, situs American Sosiety for clinical oncology dan lihat informasi tentang penanganan kanker payudara terkini yang didiskusikan dalam pertemuan tersebut. hal ini tentu akan mendapat informasi paling terkini, karena informasi yang dipresentasikan didalam konferensi, biasanya 6-12 bulan sebelum dipublikasikan dalam jurnal medis.
  • Jika anda ragu-ragu tentang sebuah website, klik "about us"; dengan mengetahui siapa dibalik informasi yang anda baca, membantu anda mengevaluasi apakah informasi ini bias atau tidak. jika anda tidak dapat mengetahui gambaran yang menjalankan situs itu, jangan digunakan.

Ada 2 hal yang paling berharga sebagai saran:
  1. Gunakan sumber internet secara kombinasi
  2. Jangan harapkan internet menyembuhkan penyakit anda. hal ini hanya mengarahkan anda pada pilihan profesional yang terbaik dan pilihan terbaik.

sumber: CDK 164/vol.35 no.5/Agustus 2008

10 komentar:

riosisemut mengatakan...

Hmmm...gitu ya caranya.

Mau konsultasi lagi ni Dok..
Penyakit TB itu apa bisa berubah menjadi kanker paru??
Itu aja cukup. Tlng diberi penjelasan singkat ya Dok...
Plizz...

Anonim mengatakan...

istri saya seorang perawat. bagaimana men-drive dia agar mau menulis tentang kesehatan anak ya... :)

Unknown mengatakan...

wah.. gitu tho caranya... hehehe.. thanks bu dokter

Anonim mengatakan...

@riosemut:
Kadang kanker paru (terutama adenokarsinoma dan karsinoma sel alveolar) terjadi pada orang yang paru-parunya telah memiliki jaringan parut karena penyakit paru-paru lainnya, seperti tuberkulosis dan fibrosis.
sumber bacaan:
id.wikipedia.org

tuberkulosis paru (scar cancer), merupakan faktor risiko kanker paru, angka kejadiannya sangat kecil.
sumber bacaan:
kankerparu.org

@sibaho:
bagaimanapun, tulis-menulis tak terlepas dari hobi atau kebiasaan. dan juga kesibukan-kesibukan yang sedang dialami. untuk memulai mungkin perlu dorongan saja dari suami.

@nur rachmat:
trim atas komentnya. dan ditunggu koment-koment selanjutnya...

noteskedokteran mengatakan...

wah.. ini bener2 informatif nih:)

peluang bisnis mengatakan...

artikel yang bermanfaat"

Anonim mengatakan...

Plenty of choices, wonderful values and lots [URL=http://www.thenorthfaceforsale.net/#1020]north face coupon code[/URL] excellent brands from which to choose... Mom could pick the best backpack for each kid in the heartbeat, but then again, I'm not 'cool' anymore and the backpack would probably take a seat inside the closet. [URL=http://www.thenorthfaceforsale.net/#997]north face pro code[/URL] I'll just give the little ones my personal credit card and hope to the finest.

Anonim mengatakan...

Also, can you adjust the straps etcetera. to suit your [URL=http://www.northfacejacketsforsale.net/#1119]links[/URL] body form?While you're carrying the rucksack for further than sooner or later, lightly padded harness is enough for any day tote, but for more substantial, more substantial public, a far more leading-edge again method is important to produce a [URL=http://www.northfacejacketsforsale.net/#1134]north face coupons[/URL] load syndication. For climbing and tough landscape you might desire a pack that fits your back again,

Anonim mengatakan...

Assess charges before you purchase. Distinct firms may charge greatly diverse charges for the similar insurance, depending on how seriously they think about this sort of factors when your era, driving a vehicle record, and credit score. Looking at price ranges in a comparison website could save you several hundred dollars a year on auto insurance. [url=http://www.x21w12w21.info]Div5uen4d[/url]

Anonim mengatakan...

Skin cancer can be extremely severe, even deadly. Malignant Melanoma is really a critical form of skin cancer that often can't be cured. Be practical and get your epidermis checked out frequently by the medical doctor or skin doctor. She or he can easily see locations you can't and look at you for dubious moles and skin area changes. [url=http://www.x21w12w21.info]Photoggap7[/url]

Posting Komentar